PT sirkel

PT sirkel

menerima jasa

jasa kontraktor umum ,dan suplayer yang bergerak dalam bidang konstruksi bangunan, interior dan landscape

konsultan desain arsitektur dan interior-exterior untuk rumah tinggal, villa, bangunan komersial, perkantoran, hotel, apartment dan lain lain

Renovasi dan pembangunan baru untuk rumah, ruko dan lain lain


Jl. TB. Simatupang No. 5 Tj. Barat Jagakarsa, Indonesia, 12530
Telepon: 021 7807630 (angga chen )

Followers

Wednesday, June 9, 2010

STRATEGI UNTUK MENGHADAPI PENJUAL RUMAH YANG AGAK RIBET


CURHATAN

Gue mau curhat nich

Gue kemarin ada tertarik ama satu rumah dekat komplek saudara gue..Akhirnya tawar tawar jadi juga tuch rumah.. Keliatan sich si-empunya lagi Butuh uang.. Jadi lepas agak miring... Gue DP-in dech sekalian minta copy surat-suratnya. Cuma doi perlu pembayarannya cepat..Sedangkan kita kan perlu waktu buat urus KPR..

Singkat kata segera kita proses tuch KPR, kita push tuch Bank supaya bisa segera super duper cepat....

Begitu kita kasih aplikasi ke Bank, besokannya langsung di telp tuch penjual untuk janjian appraisal, tapi si punya rumah nggak bisa karena hari kerja, jadi terpaksa tunggu Sabtu (gw kasi pelicin supaya appraisal mau datang hari Sabtu).. Terus senin diproses ama appraisal, rabu ketauan dech secara prinsip KPR disetujui... Kamis ketemu libur.. Jadi pendek kata Jumat konfirmasi dan Surat Persetujuan Kredit keluar.. Gue sibuk dech siapin segala sesuatunya termasuk persyaratan dari Bank supaya penjual nyerahin Sertifikat dan Dokumen Asli lainnya ke notaris yang ditunjuk..

Nah.... Disini mulai dech masalah.. Gue SMS pas hari Sabtu kasih tau penjualnya supaya Senin kasih Sertifikat Asli ke Notaris... eehhh.. dia malah balik tanya apakah perlu kasih yang asli (gw udah mulai dongkol.. )...Terus gue sms lagi kepastiannya supaya bisa segera diproses... eh.. SMS/Telp gue gak dibalas.... Mulai dech gue ketar ketir takut ini salah satu bentuk penipuan..

Akhirnya dia baru balas SMS gue hari Senin siang dan langsung todong kalo kasih sertifikat kapan duit bisa di tt..Terus gue bilang kalo mau cepat diproses tolong sertifikat perlu dikasih supaya bisa segera dicek oleh notarisnya dan kita sudah push ke Bank agar bisa segera proses akad dan gue udah arrange segala sesuatunya.. Gue sampaikan paling lambat dalam minggu ini beres semua (antara hari Kamis/Jumat sudah bisa ditransfer..) dan tidak ada tanggapan dari dia... Gue uda mulai curiga..

Begitu tadi pagi (Selasa) gue mau proses, ehhh... Dia pagi-pagi SMS gw bilang dia batalin proses jual beli karena dia perlu dana segera saat ini juga..

Terus gue bilang, apakah dengan ada yang beli dananya bisa hari ini juga dibayar, apakah orang yang beli gak perlu cek sertifikat?? Gue tambah Tapi nggak ada tanggapan dari dia..: Tapi akhirnya gue kasih rek gue supaya dia bisa tt DP gue.. Gw pikir  yang penting DP gue bisa balik.. Walaupun gue udah rugi biaya appraisal bank...

Gue sich udah ikhlasin aja biarin mungkin ada yang tawar lebih dari gue dan bukan rejeki gue untuk rumah tsb.. Tapi yang gue sesalin sikap si penjual, yang keliatannya berpendidikan tapi sikapnya kayak gini....

TANGGAPAN

Memang kalo penjual jual rumahnya itu BU, kemungkinan besar agak ribet seperti cerita anda. entah mungkin pada saat bro ngurus kpr, dia masih jual itu rumah dan kebetulan ada yang beli lebih tinggi atau mungkin lebih murah namun pembelinya langsung bayar cash dibandingkan bro yang mungkin masih beberapa minggu ke depan untuk pelunasannya.

menyiasati hal demikian ada beberapa tips:

1. Serahkan DP / TANDA JADI di depan notaris, bilang saja kepada penjual untuk ketemuan di notaris untuk serahkan dp dan dia suruh bawa sertifikat aslinya untuk langsung di cek kan di NOTARIS. jadi kalo dia serius jual tuh rumah, pasti dia dateng, setelah dateng bro segera kasih dp dan langsung suruh dia serahin ke petugas notaris untuk di checking-kan.

setelah itu tinggal tunggu kpr jika pake bank, atau tanggal pelunasan dan ajb di notarisnya kapan. langsung janjian aja dengan orang notaris. dengan demikian dia akan lebih sulit menghindar.

saya ada pengalaman, tapi hanya sekali saja pengalaman seperti bro ini. ini malah sertifikat udah di cekkan di notaris dan udah beres, tinggal besok harinya tanda tangan, namun tiba-tiba penjual membatalkan sepihak. karena saya broker saya bertanggung jawab menjelaskan klausul perjanjian pembatalan sepihak dari pihak penjual ( karena kalo kita pake jasa broker, pada saat penyerahan dp ada perjanjian sementara yang ditanda tangani di kantor broker). penjual diwajibkan mengembalikan dp dan diharuskan tetap membayar komisi brokerl. dan penjual saya waktu itu setuju, tapi masalahnya saya sungkan dan merasa tidak enak dengan pembeli, udah barang tentu pembeli akan kecewa dan marah-marah dengan saya.tapi mau bagaimana lagi memang batal. akhirnya saya jelaskan dan pembeli bisa menerima alasan pembatalan dan DP langsung balik ke rekening PEMBELI HARI ITU JUGA (Kenapa bisa cepat karena DP disimpan dalam REKENING KANTOR BROKER dan BUKAN PADA REKENING PENJUAL SEHINGGA JIKA TERJADI MASALAH SEPERTI INI , DP PEMBELI BISA SEGERA DISELAMATKAN). Inilah salah satu keuntungan jual - beli melalui broker , jika menghadapi masalah seperti ini maka tidak perlu bingung DP hilang dibawa penjual.

2. SELALU BIKIN PERSETUJUAN DI AWAL SEBELUM MEMBERIKAN DP. KOMPROMIKAN SEMUA HAL DENGAN DETAIL, AGAR TIDAK MENIMBULKAN MASALAH KELAK YANG DAPAT MENGHAMBAT PROSES TRANSAKSI.

Apa saja yang perlu diperhatikan dan disepakati oleh PENJUAL-PEMBELI sebelum memberikan DP/TANDA JADI:

1.Masalah pajak penjual dan pembeli, bicarakan dulu di depan akan menjadi tanggungan masing-masing, ataukah menjadi tanggungan salah satu pihak. Umumnya setiap pihak menanggung pajak sendiri-sendiri.

2.Masalah Biaya AKTE JUAL BELI, menjadi tanggungan berdua atau salah satu pihak.

3.BIAYA CHECKING SERTIFIKAT, tanggungan siapa. umumnya adalah PENJUAL

4. Kalo PEMBATALAN OLEH PENJUAL apa sangsinya dan bagaimana mekanisme pengembalian DPnya. Jika oleh PEMBELI apa sangsinya . bicarakan secara kekeluargaan dan cari jalan tengahny. jangan keburu memberi DP. lebih baik sabar daripada ada MASALAH KELAK.

5.Tunggakan PLN, PDAM, PBB harap dibicarakan di depan jangan sampai masalah ini belum beres ketika anda sudah di depan notaris. (biasanya ini sering terjadi. bertengkar sendiri soal PLN, TELP dan PBB ini, sama notaris paling anda hanya diketawain dan ditinggal berdua untuk menyelesaikan dulu masalahnya, kalo udah ketemu baru Si NOTARIS mau balik lagi ke ruangan untuk melanjutkan proses JUAL - BELI, anda tentu ngga mau kan mengalami itu)- ini masalah sepele namun bisa menjadi bom waktu dan menyebabkan transaksi batal gara-gara saling jaga gengsi dan tengkar. he...he...he...(Ini BERADASARKAN PENGALAMAN SAYA LHO......)

BIAYA-BIAYA YANG TIDAK BISA DIKOMPROMIKAN ADALAH:
-SEMUA BIAYA KPR ( asuransi, provisi, admin,Akte HAK TANGGUNGAN/kredit,dll) adalah tanggung jawab pembeli/anda sebagai yang mengajukan KPR.
-BIAYA BALIK NAMA sertifikat adalah tanggung jawab PEMBELI.

OK. Semoga sharing saya membantu kita semua.



sumber : kaskus/promedia/novena/mangun


sebagian-besar-bank-akan-menolak-jika-rumah-yang-dijual-masih-dalam-status-tersewa-oleh-pihak-lain-(

apartemen-subsidi-apa-itu-dan-bisakah-untuk-investasi

tanya-jawab-tentang-transaksi-jual-beli-rumah

contoh-kasus-kurang-berhati-hati-pada-saat-membeli-rumah

bagi-bagi-pengalaman-waktu-dapat-in-kpr-lewat-bank-syariah-(dki-syariah)


pembiayaan-investasi-property

aspek-yang-perlu-diperhatikan-pada-saat-membeli-rumah.html

tanya-jawab-tentang-kpr


tanya-jawab-tentang-kpr-dibank-syariah

tip-dan-trik-dalam-mengajukan-kpr


tanya-jawab-tentang-suku-bunga-bank-untuk-pengambilan-KPR


strategi-dagang-salah-satu-developer-yang-unik


how-to-become-succesfull-property-agent


tanya-jawab-kalo-mau-belajar-jadi-agen


tanya-jawab-tentang-jual-beli-rumah


tentang-istilah-kontrak-bangun


tanya-jawab-tentang-investasi-di-condotel


tehnik-menutupi-service-charge-kios-pada-sebuah-mall-yang-masih-sepi-pengunjung


langkah-langkah-untuk-menilai-harga-pasaran-rumah


hubungan-antara-investor-tim-pengelola-dan-land-owner.

rusunami-tipe-33-harga-jual-144-juta-apakah-murah-ataukah-mahal

cara-menghitung-luas-bangunan-rumah-standart-versi-developer

tehnik-untuk-mendapatkan-harga-tanah-murah

penjelasan-lebih-detail-tentang-nilai-jual-objek-pajak-(njop).html

fenomena-overlapping-dalam-pengurusan-legalitas-tanah-dan-bangunan

apa-sich-yang-dimaksud-kas-negara-hak

ppn-untuk-bangunan-juga-dikenakan-kepada-wajib-pajak-yang-bukan-developer

pelaksanaan-pajak-penghasilan-yang-bersifat-final-atas-penghasilan-dari-pengalihan-hak-atas-tanah-dan-atau-bangunan

apa-sih-nge-bouwplank

tanya-jawab-membangun-lahan-luas-500-meter-untuk-4-rumah

langkah-langkah-dalam-membuat-proyek-pembangunan-perumahaan-RSH

komponen-biaya-dari-harga-pokok-tanah-(hppt)-dan-harga-pokok-pengembangan-bangunan-(hppb).

tentang-dana-retensi-yang-tertahan-untuk-RSH

faktor-legalitas-tanah-merupakan-dasar-utama-(contoh-kasus).

contoh-perhitungan-untuk-menilai-mahal-atau-murahnya-sebuah-properti-yang-berbentuk-ruko

tanya-jawab-untuk-proyek-perumahaan-lahan-kecil

data-yang-diperlukan-untuk-comparative-market-analysis-sebuah-proyek-perumahaan

langkah-pertama-mensurvey-lokasi-untuk-sebuah-proyek-perumahaan

mungkinkah-teori-keuangan-yang-ada-itu-hanya-manis-diatas-kertas.

contoh-perincian-biaya-proyek-perumahan.

pembayaran-proyek-properti-dari-sudut-pandang-developer

cara-sederhana-mengetahui-perkembangan-dunia-properti-di-indonesia


ukuran-perkembangan-harga-tanah

salah-satu-strategi-dalam-sewa-menyewa-properti

bisakah-harga-jual-rumah-rsh-rp-40-juta-per-unit-tanpa-ppn-layakkah-profitnya


belajar-jadi-developer-dengan-cara-nyantai

tiga-jenis-perjanjian-kerjasama-jasa-pemasaran-property

pertanyaan-seputar-menjadi-agen-property

pertumbuhan-proyek-proyek-perumahaan-dikawasan-penyangga-jakarta-yang-terus-berkembang


prospek-property-disurabaya-terus-berkembang

tahapan-legalitas-untuk-pengurusan-kpr

proses-jual-beli-rumah-dengan-ikatan-akte-jual-beli

proses-pengurusan-kpr

cara-menentukan-harga-pasaran-rumah.html

perbandingan-spjb-surat-perjanjian-jual-beli-dengan-sertifikat-HGB/SHM

proses-dalam-jual-beli-tanah


proses-jual-beli-rumah

free-download-ebooks-software-script-dan-banyak-lagi




No comments: