PT sirkel

PT sirkel

menerima jasa

jasa kontraktor umum ,dan suplayer yang bergerak dalam bidang konstruksi bangunan, interior dan landscape

konsultan desain arsitektur dan interior-exterior untuk rumah tinggal, villa, bangunan komersial, perkantoran, hotel, apartment dan lain lain

Renovasi dan pembangunan baru untuk rumah, ruko dan lain lain


Jl. TB. Simatupang No. 5 Tj. Barat Jagakarsa, Indonesia, 12530
Telepon: 021 7807630 (angga chen )

Followers

Monday, July 5, 2010

Faktor Penentu Sebelum Membangun Real Estate

Vibiznews-Property)-Pembangunan real estate kini semakin marak diberbagai penjuru Indonesia, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Pembangunan ini tentunya tidak terlepas dari semakin kondusifnya kondisi perekonomian saat ini. Proses pembangunan real estate melibatkan beberapa stakeholder, mulai dari developer, perencana, kontraktor, perbankan, pemerintah, serta masyarakat. Kesemua pihak tersebut harus saling mendukung satu sama lain agar pembangunan real estate di suatu daerah atupun lokasi dapat berjalan dengan begitu secara tidak langsung juga akan mendorong pergerakan majunya perekonomian masyarakat dan daerah.

Segi pembangunan real estate lebih besar terhubung pada keberadaan developer ataupun pengembang. Developer sendiri adalah individu,pengusahaa atau badan hukum yang bergerak dalam bidang usaha dalam hal pembangunan gedung untuk tujuan investasi. Konteks pekerjaan developer sangat dipengaruhi oleh segi ekonomi dari suatu proyek akibatnya perencana harus memperhitungkan faktor-faktor ekonomi dari proyek tersebut. Faktor-faktor tersebut sangat penting bagi keberhasilan suatu pelaksanaan proyek, selain itu faktor tersebut juga merupakan faktor yang paling sulit untuk diperhatikan bagi sang perencana, mengingat bahwa faktor-faktor tersebut tidak hanya cenderung mempengaruhi setiap aspek dari suatu proyek tetapi juga sering menjadi faktor yang sangat membatasi, dengan kata lain faktor-faktor ekonomi merupakan patokan.

Pendekatan Pembangunan

Sifat dari pembangunan real estate terus mengalami perubahan. Kalau masalah anggaran pernah dianggap sebagai faktor yang utama yang mempengaruhi, maka selain itu ada faktor lain yang harus diperhitungkan. Pendekatan pembangunan saat ini mencakup perhatian terhadap empat faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu proyek pembangunan, yaitu :

1. Alternatif penggunaan lahan
2. Prasarana Pemasaran
3. Kerjasama antar sektor pemerintah dengan swasta
4. Biaya kelangsungan hidup dan konsekuensi pajak

Faktor-faktor tersebut diatas harus di coba untuk digabungkan satu sama lain dan diselaraskan guna menunjang suatu proyek pembangunan.

Developer adalah merupakan kunci dalam proses pembangunan. Developer dapat memprakarsai proses pembangunan tersebut dengan menggunakan jasa konsultan untuk membantu menentukan kelayakan proyek, menyediakan dana dan mencari sumber pembiayaan, menandatangani kontrak, mengurus perijinan, mempunyai tanggung jawab akhir akan desain bangunan serta pemilihan konstruksi, bahkan tentang aturan pemilikannya, penyewaan dan pengelolaan fasilitas.

Banyak developer yang mengkhususkan diri pada tipe proyek tertentu seperti misalnya gedung-gedung perkantoran, perhotelan, perumahan atau pertokoan, banyak juga yang mengkhususkan pada percampuran beberapa produk bangunan. Dalam pembangunan terdapat tiga fase proses pembangunan :

1. Aktivitas persiapan pembangunan.
2. Pelaksanaan pembangunan
3. Pengelolaan dan kelangsungan hidup

Yang Harus Dicermati Sebelum Pembangunan dimulai

Sebelum pembangunan dimulai, sebelumnya dilakukan aktivitas persiapan pembangunan. Aktivitas tersebut mencakup pemilihan lokasi atau tempat dan penentuan kelayakan proyek. Hal inilah yang harus dicermati betul dalam merencanakan suatu pembangunan real estate ataupun produk properti apa pun. hal-hal tersebut memiliki beberapa poin penting yang sangat menentukan keberhasialn suatu pengembangan real estate atupun produk properti, antara lain :

1 Pemilihan Tempat

Hal ini yang menjadi pekerjaan utama bagi developer ataupun perencana dimana mencoba mencari lokasi yang sesuai bagi proyek yang akan di bangun dengan cara mneyeleksi sejumlah lokasi dan tempat . ada beberapa kriteria paling utama dalam pemilihan lokasi atau tempat :

a. Hukum dan lingkungan
Dengan mencermati apakah hukum ataupun peraturan yang berlaku mengijinkan didirikannya gedung ataupun bangunan dengan ukuran tertentu dilokasi tersebut. Seperti ; persyaratan tempat parkir, KLB (Koefisien Lantai Bangunan),dll.

b. Sarana
Suatu proyek nantinya akan membutuhkan pemasangan aliran air, listrik, telepon, selokan apakah keseluruhan ini tersedia? Apakah masih diperlukan perbaikan-perbaikan lagi ? hal ini juga harus dilihat.

c. Faktor Teknis
Dengan melihat bagaimana keadaan tanahnya, drainase dan topografinya.

d. Lokasi
Hal ini merupakan pertimbangan yang sangat penting. Dengan melihat apakah ada pasar di lokasi proyek yang diusulkan? apakah aksesibilitasnya mudah?, apakah banyak lalulintas kendaraan? Hal tersebut perlu diketahui.

e. Estetika
Dengan melihat apakah ada pemandangan yang bagus?. Hal tersebut perlu diperhatikan sebab adanya pemandangan dan kondisi pertamanan yang terencana merupakan salah satu aspek yang sangat penting guna menarik pasar ataupun konsumen nantinya.

f. Masyarakat
Dengan melihat bagaimana reaksi masyarakat terhadapa rencana pembangunan tersebut, apakah akan menyebabkan lalulintas yang berlenihan dan kebisingan, bagaimana terhadap nilai kepemilikan di daerah tersebut.

g. Biaya
Dengan melihat harga tanah yang ada, apakah memungkinkan pembangunan memenuhi berbagai kriteria yang ada dan juga apakah dapat dijangkau oleh para penyewa atau pemakai hasil proyek tersebut nantinya


2. Menentukan Kelayakan Proyek

Apabila developer telah menemukan tempat yang akan dibangun, maka selanjutnya adalah melakukan pengamatan lebih dalam tentang kelayakan akan proyek tersebut. Maksudnya adalah apakah proyek yang diusulkan itu memungkinkan dilihat dari sudut teknis, pemasaran maupun ekonomi. Hal pengamatan secara mendalam tersebut meliputi :

• Pendekatan terhadap para pemuka masyarakat, Developer dan pejabat. Hal tersebut untuk melihat apakah rencana pembangunan tersebut
dapat mereka terima. Hal ini yang terkadang lalai untuk dilakukan.

• Memperhitungkan pemecahan masalah teknis yang berkaitan dengan tempat, salah satunya adalah pengujian atas tanah.

• Membuat analisis pasar secara seksama, termasuk anaisis demografi. Dapat pula dilakukan survei terhadap pasar.

• Memilih arsitek yang akan menggambarkan beberapa alternatif desain.

• Membuat proyeksi ekonomi untuk berbagai alternatif desain. hal ini adalah perkiraan dari keseluruhan biaya pembangunan yang juga termasuk biaya konstruksi, serta pemasukan serta pengeluaran ketika proyek telah selesai (Cash Flow).

Beberapa hal tersebut diatas adalah hal yang harus diperhatikan dalam memulai suatu pembangunan real estate ataupun suatu produk properti. Untuk tahapan sebelum proyek di kerjakan adalah memilih lokasi atau tempat yang tepat. Setelah itu adalah menilik lebih dalam akan kelayakan pembangunan real estate atau produk properti nantinya. Hal itu semua patut menjadi perhatian khusus karena akan menjadi ujung tombak keberhasilan suatu pembangunan serta juga keberhasilan dalam pemasarannya juga.

(M. Grahandaka/MG/VBN)

sebagian-besar-bank-akan-menolak-jika-rumah-yang-dijual-masih-dalam-status-tersewa-oleh-pihak-lain-(
jurus-bagi-pintu

mengenal-lebih-dalam-properti-gedung

perkembangan-properti-di-remote-area

strategi-penentuan-harga-sewa-pada-gedung-perkantoran

fenomena-super-block-pada-pembangunan

strategi-menawar-harga-tanah

kita-pengembang-bukan-kontraktor

cara-menaikkan-penjualan-di-awal-proyek

hati-hati-bermain-dengan-pola-discount

sebelum-launching-pastikan-dokumen-administrasi-penjualan-sudah-dipersiapkan.

dua-kunci-utama-dalam-bisnis-properti

daur-hidup-produk-perumahan

tentang-kelayakan-proyek-perumahaan

apartemen-subsidi-apa-itu-dan-bisakah-untuk-investasi

tanya-jawab-tentang-transaksi-jual-beli-rumah

contoh-kasus-kurang-berhati-hati-pada-saat-membeli-rumah

bagi-bagi-pengalaman-waktu-dapat-in-kpr-lewat-bank-syariah-(dki-syariah)


pembiayaan-investasi-property

aspek-yang-perlu-diperhatikan-pada-saat-membeli-rumah.html

tanya-jawab-tentang-kpr


tanya-jawab-tentang-kpr-dibank-syariah

tip-dan-trik-dalam-mengajukan-kpr


tanya-jawab-tentang-suku-bunga-bank-untuk-pengambilan-KPR


strategi-dagang-salah-satu-developer-yang-unik


how-to-become-succesfull-property-agent


tanya-jawab-kalo-mau-belajar-jadi-agen


tanya-jawab-tentang-jual-beli-rumah


tentang-istilah-kontrak-bangun


tanya-jawab-tentang-investasi-di-condotel


tehnik-menutupi-service-charge-kios-pada-sebuah-mall-yang-masih-sepi-pengunjung


langkah-langkah-untuk-menilai-harga-pasaran-rumah


hubungan-antara-investor-tim-pengelola-dan-land-owner.

rusunami-tipe-33-harga-jual-144-juta-apakah-murah-ataukah-mahal

cara-menghitung-luas-bangunan-rumah-standart-versi-developer

tehnik-untuk-mendapatkan-harga-tanah-murah

penjelasan-lebih-detail-tentang-nilai-jual-objek-pajak-(njop).html

fenomena-overlapping-dalam-pengurusan-legalitas-tanah-dan-bangunan

apa-sich-yang-dimaksud-kas-negara-hak

ppn-untuk-bangunan-juga-dikenakan-kepada-wajib-pajak-yang-bukan-developer

pelaksanaan-pajak-penghasilan-yang-bersifat-final-atas-penghasilan-dari-pengalihan-hak-atas-tanah-dan-atau-bangunan

apa-sih-nge-bouwplank

tanya-jawab-membangun-lahan-luas-500-meter-untuk-4-rumah

langkah-langkah-dalam-membuat-proyek-pembangunan-perumahaan-RSH

komponen-biaya-dari-harga-pokok-tanah-(hppt)-dan-harga-pokok-pengembangan-bangunan-(hppb).

tentang-dana-retensi-yang-tertahan-untuk-RSH

faktor-legalitas-tanah-merupakan-dasar-utama-(contoh-kasus).

contoh-perhitungan-untuk-menilai-mahal-atau-murahnya-sebuah-properti-yang-berbentuk-ruko

tanya-jawab-untuk-proyek-perumahaan-lahan-kecil

data-yang-diperlukan-untuk-comparative-market-analysis-sebuah-proyek-perumahaan

langkah-pertama-mensurvey-lokasi-untuk-sebuah-proyek-perumahaan

mungkinkah-teori-keuangan-yang-ada-itu-hanya-manis-diatas-kertas.

contoh-perincian-biaya-proyek-perumahan.

pembayaran-proyek-properti-dari-sudut-pandang-developer

cara-sederhana-mengetahui-perkembangan-dunia-properti-di-indonesia


ukuran-perkembangan-harga-tanah

salah-satu-strategi-dalam-sewa-menyewa-properti

bisakah-harga-jual-rumah-rsh-rp-40-juta-per-unit-tanpa-ppn-layakkah-profitnya


belajar-jadi-developer-dengan-cara-nyantai

tiga-jenis-perjanjian-kerjasama-jasa-pemasaran-property

pertanyaan-seputar-menjadi-agen-property

pertumbuhan-proyek-proyek-perumahaan-dikawasan-penyangga-jakarta-yang-terus-berkembang


prospek-property-disurabaya-terus-berkembang

tahapan-legalitas-untuk-pengurusan-kpr

proses-jual-beli-rumah-dengan-ikatan-akte-jual-beli

proses-pengurusan-kpr

cara-menentukan-harga-pasaran-rumah.html

perbandingan-spjb-surat-perjanjian-jual-beli-dengan-sertifikat-HGB/SHM

proses-dalam-jual-beli-tanah


proses-jual-beli-rumah

free-download-ebooks-software-script-dan-banyak-lagi






free-download-ebooks-software-script-dan-banyak-lagi

statusku

senjata-rahasia

kumpulan-kata-kata-mutiara

4-unsur-dari-wanita

rahasia-diri

perang-besar-di-akhir-zaman

ratapan-putri-di-areal-kuburan

rahasia-ajaib-yang-tersembunyi-didalam-tubuh-kita

air-mata-penyesalan-dan-air-mata-kerinduan

belajar-dari-seorang-pencuri

jenis-jenis-senyuman

ketika-hati-sudah-menjadi-batu

hati-hati-dengan-suara-ghaib-yang-menyerupai-wahyu

istimewanya-seorang-wanita

apakah-anda-wanita-yang-mempunyai-harga-diri

siapakah-sohibuzaman-dizaman-ini

rahasia-hati-seorang-ayah

makna-tahi-lalat-di-tubuh-kita

antara-cewek-tomboy-dan-lesbian

indahnya-malam-pertama

muhasabah-cinta

perang-pemikiran-yang-dilakukan-oleh-musuh-musuh-islam

10-jenis-gangguan-tidur-yang-aneh

pengorbanan-seorang-ayah-terhadap-putrinya-yang-beranjak-dewasa

kita-tidak-akan-bahagia-selagi-orang-disekitar-kita-tidak-bahagia

mencari-ketenangan-dengan-zikrullah

10-macam-sahabat-setia-iblis

7-pahala-yang-masih-di-nikmati-setelah-meninggal-dunia

asal-usul-nafsu.html

hakekat-jin

sebuah-harga-satu-tetes-air-mata

tentang-angka-13

kiamat-2012-dan-yahudi-pun-tertawa

makna-tatoo-bagi-masyarakat-dayak

cara-baru-tingkatkan-kunjungan-blog

penjelasan-tentang-adware-spyware-worm

membongkar-proteksi-hak-cipta-pdf

penyebab-lambannya-sistim-kerja-komputer

trik-mematikan-komputer-dengan-cepat

cara-mempercepat-loading-windows-xp

siapakah-kita-sebenarnya

jenis-jenis-kejahatan-yang-ada-di-internet

hacker-tool

bagaimana-memblokir-situs-facebook-agar-tidak-bisa-dibuka-firefox

mengenal-lebih-jauh-tentang-manusia

866-tafsir-mimpi

sifat-sombong-versus-rendah-hati

pengertian-zuhud

istiqomah-sebagai-sikap-teguh-pendirian

hakikat-dan-kedudukan-taubat

kelahiran-ke-dua

pengertian-sabar-dalam-menghadapi-musibah

ilmu-itu-adalah-imam-dan-amal-itu-adalah-makmum

org-yg-mampu-terlepas-dari-perangkap-iblis

ingatlah-ibumu.html

sebuah-doa-suami-untuk-istri

/sifat-dan-sikap-yang-seharusnya-melekat-di-diri-kita

tentang-surat-kaleng-dan-email-berantai

7-kali-menunaikan-haji-tidak-melihat

ketika-ilmu-pengetahuan-menemukan-tanda-kiamat

5-cara-menghadapi-masalah-anda

15-gejala-anda-telah-diganggu-oleh-jin

gambaran-tentang-malaikat-maut

indahnya-matematika

tanya-jawab-tentang-jilbab

rahasia-hidung

apakah-yang-dinamakan-takdir

hal-hal-yang-dapat-melunak-khan-hati

istri-baik-adalah-isteri

chating-dengan-tuhan

berkeluh-kesah-tentang-jahatnya-dunia

hati-hati-dan-waspada-dalam-setiap-langkah

diantara-4-orang-istri

bulan-puasa-melatih-kesabaran-kita

hukum-truk-sampah

dimana-kujumpa-pelita-kecilku

telinga-adalah-ekspresi-pikiran-dan-perasaan

jika-hari-esok-tak-pernah-ada

tips-mengusir-setan-didalam-hati-kita

ketika-akal-dan-nafsu-berkelahi-merayu-hati

beberapa-hikmah-dari-penyesalan-yang-bisa-kau-petik

dalam-setiap-hati-manusia-ada-banyak-perkara

pernahkah-kita-menyadari-arti-kehadiran-didalam-kehidupan

antara-makna-hidup-dan-jati-diri

ketika-hidup-terasa-menyakitkan

sebuah-penelitian-tentang-emosi-kemarahan-dan-rasa-benci

dengan-keikhlasan-hidup-ini-menjadi-mudah-indah-dan-bermakna

cara-sederhana-menenangkan-hati-dan-pikiran

kapankah-anda-merasa-cukup

sebuah-cinderamata-hati-yang-kau-lukai

nurani-putih-yang-tergores

antara-hukum-sihir-dan-perdukunan

tentang-gambaran-penghuni-neraka

benarkah-kiamat-akan-terjadi-tahun-2012

jangan-stress-dong-aahh

test123

ini-bukan-sekedar-tentang-uang

postingan-ulang-yang-udah-rapi

stop-dreaming-start-action-dengan

darimana-kah-asalnya-api

stop-dreaming-start-action

arti-sebuah-kesetiaan-dalam-menjalani-sebuah-hubungan

menghadapi-penyakit-yang-menghalangi-langkah-anda

tehnik-menghadapi-kritik-orang-lain

apakah-anda-sudah-menjadi-seseorang

mulailah-darimana-anda-berpijak

mindset-and-system

lakukan-dan-lakukan-saja

hidup-adalah-tentang-belajar

melihat-masa-depan-dengan-kecepatan-cahaya

tahukah-andabagaimana-rasanya-ketika-roh-dicabut

tentang-flu-babi

3-unsur-dalam-sebuah-cinta

8-daerah-didalam-alam-jiwa-manusia

penderitaan-itu-bukan-akhir-dari-segalanya

cara-mengatasi-hati-yang-sedang-gelisah



rahasia-kesaktian-orang-orang-tempo-dulu

seorang-profesor-dari-sebuah

yaa-permennya-lupa-dimakan

begitu-banyak-peristiwa-yang-terjadi

jangan-pernah-berkata-selamat-tinggal

pesan-orang-tua-renta

hanya-satu-kata

penasaran

kisah-nyata-pacaran-dgn-hantu

pesan-terakhir-sebelum-bunuh-diri












2 comments:

AMISHA said...

BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

Ny. SISKA WIBOWO said...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur