PT sirkel

PT sirkel

menerima jasa

jasa kontraktor umum ,dan suplayer yang bergerak dalam bidang konstruksi bangunan, interior dan landscape

konsultan desain arsitektur dan interior-exterior untuk rumah tinggal, villa, bangunan komersial, perkantoran, hotel, apartment dan lain lain

Renovasi dan pembangunan baru untuk rumah, ruko dan lain lain


Jl. TB. Simatupang No. 5 Tj. Barat Jagakarsa, Indonesia, 12530
Telepon: 021 7807630 (angga chen )

Followers

Monday, July 5, 2010

Fenomena Super-block Pada Pembangunan Properti di Jakarta

(Vibiznews – Property)- Pembangunan properti di Jakarta sampai saat ini masih memperlihatkan energinya. Walaupun diterpa oleh berbagai macam krisis mulai dari Krisis ekonomi global yang bersumber dari negara kapital Amerika serikat hingga ancaman krisis global jilid dua yang bersumber dari negara Dubai, keberadaan properti Jakarta masih menunjukan kebertahanannya. Hal ini tetap mendorong perkembangan sektor properti Jakarta terus bergerak maju. Semakin bertumbuhnya sektor properti di Jakarta baik itu ; Hunian, perkantoran, pusat perbelanjaan dan hotel. Munculah berbagai macam konsep dalam pengembangan properti mulai dari Green Property (Properti dengan konsep hijau atau ramah lingkungan) hingga konsep Superblock.

Pengenalan Awal Konsep Superblock

Mungkin banyak pertanyaan yang timbul mengenai apa itu konsep Superblock Pada properti?. Secara definisi Superblock adalah suatu kawasan di lokasi urban yang dirancang secara terpadu dan terintegrasi, memiliki kepadatan yang cukup tinggi dalam konsep tata guna lahan yang bersifat campuran (mixed – use). Selain itu ada kunci yang paling diperhatikan dalam keberhasilan pengembangan suatu Superblock yaitu keberhasilan dalam mekanisme kontrol.

Melihat segi keuntungan dari penerapan konsep Superblock, ternyata menurut pakar (Danisworo) ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menerapkan konsep tersebut, antara lain :

1. Mendorong tumbuhnya kegiatan yang beragam secara terpadu dalam suatu wadah secara memadai
2. Menghasilkan sistem sarana dan prasarana yang lebih efisien dan ekonomis
3. Memperbaiki sistem sirkulasi
4. Mendorong pengembangan sistem persil yang tidak kaku dan lebih fleksibel
5. Mendorong pemisahan yang jelas antara berbagai sitem moda transportasi
6. Memberikan kerangka yang luas bagi inovasi perancangan bangunan dan lingkungan.

Suatu kawasan dikatakan Superblock apabila terdapat lebih dari 3 fungsi yang berbeda (retail, office, hunian, hotel, entertainment dan sebagainya) dan apabila direncanakan dengan baik dapat menjadi pendukung/support satu dengan yang lain, terjadi integrasi fungsional dan fisik antar komponen fungsi dengan KLB tinggi, Konsep Superblock ini dipelopori sejak tahun 20-an di Amerika Serikat oleh Perry & Stein dan di Eropa yang dikembangkan Le Corbusier terutama untuk kawasan hunian skala besar.

Persyaratan dalam konsep Superblock

Dalam penerapan konsep Superblock pihak pemerintah khsusunya Pemda DKI Jakarta sudah menuangkannya di dalam peraturan Pemerintah DKI Jakarta yang mempersyaratkan beberapa hal dalam menerapkan kawasan Superblock, yaitu :

• Kebutuhan ruang untuk manuver dan parkir kendaraan harus disediakan di dalam perpetakan;
• Menyediakan ruang untuk fasilitas pejalan kaki
• Menanam pepohonan untuk peneduh di dalam perpetakan.
• Pada kawasan campuran perumahan dan bangunan umum berbentuk superblok, dipersyaratkan :
- Fasilitas umum, fasilitas sosial dan sarana parkir disediakan di dalam areal yang dikelola yang jenis dan jumlahnya disesuaikan dengan standar;
- Koefisien Dasar Hijau diwujudkan dengan ruang terbuka hijau yang mengandung tanaman pepohonan pelindung.
- Besarnya proporsi ruang untuk perumahan disesuaikan dengan kategori pola sifat lingkungan setempat, yaitu sebagai berikut:

►Pada kategori padat, ruang untuk perumahan 35% dan bukan perumahan 65%;
►Pada kategori kurang padat, ruang untuk perumahan 50% dan bukan perumahan 50%
►Pada kategori tidak padat, ruang untuk perumahan 65% dan bukan perumahan 35%.
Persyaratan tersebut menjadi titik acuan dalam pengembangan konsep kawasan Superblock.

Aspek Dalam Perancangan Kawasan Superblock

Di dalam pengembangan konsep Superblock ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan antara lain :

- Identity/Branding
Dalam hal ini lebih menekankan pada penciptaan suatu identitas atau konsep yang berbeda, suatu kawasan Superblock akan lebih diminati jika Ia mempunyai suatu konsep yang memikat serta menarik.

- Mix of Uses
Ini lebih pada penggunaan lahan yang ada, dimana dalam suatu lahan Superblock penggunaan lahannya digunakan untuk berbagai macam peruntukan minimal 2 peruntukan baik itu apartemen, hunian, ataupun pusat perbelanjaan.

- Vehicular Circulation
Aspek ini lebih pada sirkulasi kendaraan yang ada, sirkulasi kendaraan harus dirancang seefisien mungkin. Di beberapa negara maju biasanya mereka menerapkan parkir basement yang saling terkoneksi dari satu bangunan ke bangunan lain.

- Multi-layers Pedestrian Linkage
Aspek ini sangat penting yaitu keberadaan dari pedestian (area untuk pejalan kaki) karena dalam suatu kawasan Superblock pada intinya adalah integrasi dari satu bangunan ke bangunan lain makan infrastruktur integrasi bagi pejalan kaki juga harus terpenuhi guna kenyamanan yang ada.


Fenomena dan perkembangan Superblock di Jakarta

Melihat banyaknya pengembangan kawasan Superblock di Jakarta saat ini, sepertinya menjadi trend bagi para pengembang untuk menarik pasar properti. Di Jakarta sendiri tercatat terdapat 12 pembangunan Superblock yang sudah terbangun maupun yang masih dalam tahap konstruksi dan perencanaan. Jika kita tinjau kembali sebenarnya bagaimana fonomena pengembangan kawasan ini menjadi sebuah trend yang menarik bagi pengembang, ternyata ada beberapa faktor yang yang menjadi keuntungan serta yang menjadi pendukung. Yaitu :

1. Efisiensi
Konsep Superblock adalah merupakan suaru konsep pengembangan yang memadukan berbagai fungsi peruntukan bangunan baik itu perkantoran, apartemen, hotel, dll. Selain itu dihubungkan dengan pola penduduk perkotaan yang berkembang saat ini semakin banyak pula kaum Komuter karena keterbatasan lahan untuk pembangunan tempat tinggal. Sehingga banyak yang bertempat tinggal di luar kota Jakarta namun bekerja di Jakarta. Hal itu lah yang ingin diambil oleh pengembang dengan memberikan solusi baru dalam hal efisiensi waktu, biaya serta jarak. Yaitu dengan pengembangan kawasan dengan konsep Superblock. Dan ternyata hal ini banyak menarik perhatian masyarakat. Khususnya kaum komuter.

2. Menerapkan One Stop Living
Dalam konsep kawasan Superblock ada berbagai macam peruntukan bangunan dalam satu kawasan, Hal itu menciptakan konsep tambahan bagi pengembang properti dengan menambah keuntungan One Stop Living bagi para penghuninya. Yaitu dengan tinggal di kawasan itu semua fasilitas yang dibutuhkan tersedia. Bahkan bisa bekerja tanpa harus keluar dari lokasi kawasan tersebut karena jarak kantor dan hunian yang cukup dekat.

3. Mengurangi kemacetan
Secara fakta kemacetan di Jakarta memang tidak dapat dihindari karena terus bertambahnya pengguna kendaraan bermotor. Namun dengan adanya pemusatan lokasi kegiatan seperti penerapan kawasan Superblock maka sedikit akan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor karena adanya integrasi peruntukan yang ada.

Sebenarnya hal tersebut diataslah yang mendorong berkembangnya konsep kawasan Superblock adanya saling - silang keuntungan antara masyarakat perkotaan dengan pengembang. Dimana pengembang dapat menerapkan diferensiasi produk dan masyarakat terlebih kaum komuter memiliki solusi baru dalam kehidupan di perkotaan. Selain itu juga adanya konsep Superblock menjadi suatu permodelan kota kecil yang saling terintegrasi di pusat kota. Jadi seiring perkembangan properti di Jakarta yang ada maka para pakar properti pun memprediksi tahun 2010 akan menjadi trend properti Superblock, serta menjadi suatu gaya hidup perkotaan yang baru.

Tabel Data Bangunan Superblock di Jakarta


Sumber : Diolah dari berbagai sumber (2008 – 2009)

Melihat data pengembangan beberapa Superblock, terlihat banyak terbangun properti yang berkonsep tersebut. Dari segi keuntungannya sendiri konsep ini memiliki keuntungan bagi masyarakat serta pengembang khususnya di area urban atau perkotaan. Seiring dengan perkembangan kota di beberapa daerah tidak tertutup kemungkinan konsep ini akan menjadi solusi permasalahan masayarakat perkotaan di beberapa daerah di Indonesia.

Rabu, 30 Desember 2009 13:50 WIB
(M.Grahandaka/MG/VBN) 

sebagian-besar-bank-akan-menolak-jika-rumah-yang-dijual-masih-dalam-status-tersewa-oleh-pihak-lain-(
jurus-bagi-pintu

jurus-pengendali-tanah

strategi-menawar-harga-tanah

kita-pengembang-bukan-kontraktor

cara-menaikkan-penjualan-di-awal-proyek

hati-hati-bermain-dengan-pola-discount

sebelum-launching-pastikan-dokumen-administrasi-penjualan-sudah-dipersiapkan.

dua-kunci-utama-dalam-bisnis-properti

daur-hidup-produk-perumahan

tentang-kelayakan-proyek-perumahaan

apartemen-subsidi-apa-itu-dan-bisakah-untuk-investasi

tanya-jawab-tentang-transaksi-jual-beli-rumah

contoh-kasus-kurang-berhati-hati-pada-saat-membeli-rumah

bagi-bagi-pengalaman-waktu-dapat-in-kpr-lewat-bank-syariah-(dki-syariah)


pembiayaan-investasi-property

aspek-yang-perlu-diperhatikan-pada-saat-membeli-rumah.html

tanya-jawab-tentang-kpr


tanya-jawab-tentang-kpr-dibank-syariah

tip-dan-trik-dalam-mengajukan-kpr


tanya-jawab-tentang-suku-bunga-bank-untuk-pengambilan-KPR


strategi-dagang-salah-satu-developer-yang-unik


how-to-become-succesfull-property-agent


tanya-jawab-kalo-mau-belajar-jadi-agen


tanya-jawab-tentang-jual-beli-rumah


tentang-istilah-kontrak-bangun


tanya-jawab-tentang-investasi-di-condotel


tehnik-menutupi-service-charge-kios-pada-sebuah-mall-yang-masih-sepi-pengunjung


langkah-langkah-untuk-menilai-harga-pasaran-rumah


hubungan-antara-investor-tim-pengelola-dan-land-owner.

rusunami-tipe-33-harga-jual-144-juta-apakah-murah-ataukah-mahal

cara-menghitung-luas-bangunan-rumah-standart-versi-developer

tehnik-untuk-mendapatkan-harga-tanah-murah

penjelasan-lebih-detail-tentang-nilai-jual-objek-pajak-(njop).html

fenomena-overlapping-dalam-pengurusan-legalitas-tanah-dan-bangunan

apa-sich-yang-dimaksud-kas-negara-hak

ppn-untuk-bangunan-juga-dikenakan-kepada-wajib-pajak-yang-bukan-developer

pelaksanaan-pajak-penghasilan-yang-bersifat-final-atas-penghasilan-dari-pengalihan-hak-atas-tanah-dan-atau-bangunan

apa-sih-nge-bouwplank

tanya-jawab-membangun-lahan-luas-500-meter-untuk-4-rumah

langkah-langkah-dalam-membuat-proyek-pembangunan-perumahaan-RSH

komponen-biaya-dari-harga-pokok-tanah-(hppt)-dan-harga-pokok-pengembangan-bangunan-(hppb).

tentang-dana-retensi-yang-tertahan-untuk-RSH

faktor-legalitas-tanah-merupakan-dasar-utama-(contoh-kasus).

contoh-perhitungan-untuk-menilai-mahal-atau-murahnya-sebuah-properti-yang-berbentuk-ruko

tanya-jawab-untuk-proyek-perumahaan-lahan-kecil

data-yang-diperlukan-untuk-comparative-market-analysis-sebuah-proyek-perumahaan

langkah-pertama-mensurvey-lokasi-untuk-sebuah-proyek-perumahaan

mungkinkah-teori-keuangan-yang-ada-itu-hanya-manis-diatas-kertas.

contoh-perincian-biaya-proyek-perumahan.

pembayaran-proyek-properti-dari-sudut-pandang-developer

cara-sederhana-mengetahui-perkembangan-dunia-properti-di-indonesia


ukuran-perkembangan-harga-tanah

salah-satu-strategi-dalam-sewa-menyewa-properti

bisakah-harga-jual-rumah-rsh-rp-40-juta-per-unit-tanpa-ppn-layakkah-profitnya


belajar-jadi-developer-dengan-cara-nyantai

tiga-jenis-perjanjian-kerjasama-jasa-pemasaran-property

pertanyaan-seputar-menjadi-agen-property

pertumbuhan-proyek-proyek-perumahaan-dikawasan-penyangga-jakarta-yang-terus-berkembang


prospek-property-disurabaya-terus-berkembang

tahapan-legalitas-untuk-pengurusan-kpr

proses-jual-beli-rumah-dengan-ikatan-akte-jual-beli

proses-pengurusan-kpr

cara-menentukan-harga-pasaran-rumah.html

perbandingan-spjb-surat-perjanjian-jual-beli-dengan-sertifikat-HGB/SHM

proses-dalam-jual-beli-tanah


proses-jual-beli-rumah

free-download-ebooks-software-script-dan-banyak-lagi






free-download-ebooks-software-script-dan-banyak-lagi

statusku

senjata-rahasia

kumpulan-kata-kata-mutiara

4-unsur-dari-wanita

rahasia-diri

perang-besar-di-akhir-zaman

ratapan-putri-di-areal-kuburan

rahasia-ajaib-yang-tersembunyi-didalam-tubuh-kita

air-mata-penyesalan-dan-air-mata-kerinduan

belajar-dari-seorang-pencuri

jenis-jenis-senyuman

ketika-hati-sudah-menjadi-batu

hati-hati-dengan-suara-ghaib-yang-menyerupai-wahyu

istimewanya-seorang-wanita

apakah-anda-wanita-yang-mempunyai-harga-diri

siapakah-sohibuzaman-dizaman-ini

rahasia-hati-seorang-ayah

makna-tahi-lalat-di-tubuh-kita

antara-cewek-tomboy-dan-lesbian

indahnya-malam-pertama

muhasabah-cinta

perang-pemikiran-yang-dilakukan-oleh-musuh-musuh-islam

10-jenis-gangguan-tidur-yang-aneh

pengorbanan-seorang-ayah-terhadap-putrinya-yang-beranjak-dewasa

kita-tidak-akan-bahagia-selagi-orang-disekitar-kita-tidak-bahagia

mencari-ketenangan-dengan-zikrullah

10-macam-sahabat-setia-iblis

7-pahala-yang-masih-di-nikmati-setelah-meninggal-dunia

asal-usul-nafsu.html

hakekat-jin

sebuah-harga-satu-tetes-air-mata

tentang-angka-13

kiamat-2012-dan-yahudi-pun-tertawa

makna-tatoo-bagi-masyarakat-dayak

cara-baru-tingkatkan-kunjungan-blog

penjelasan-tentang-adware-spyware-worm

membongkar-proteksi-hak-cipta-pdf

penyebab-lambannya-sistim-kerja-komputer

trik-mematikan-komputer-dengan-cepat

cara-mempercepat-loading-windows-xp

siapakah-kita-sebenarnya

jenis-jenis-kejahatan-yang-ada-di-internet

hacker-tool

bagaimana-memblokir-situs-facebook-agar-tidak-bisa-dibuka-firefox

mengenal-lebih-jauh-tentang-manusia

866-tafsir-mimpi

sifat-sombong-versus-rendah-hati

pengertian-zuhud

istiqomah-sebagai-sikap-teguh-pendirian

hakikat-dan-kedudukan-taubat

kelahiran-ke-dua

pengertian-sabar-dalam-menghadapi-musibah

ilmu-itu-adalah-imam-dan-amal-itu-adalah-makmum

org-yg-mampu-terlepas-dari-perangkap-iblis

ingatlah-ibumu.html

sebuah-doa-suami-untuk-istri

/sifat-dan-sikap-yang-seharusnya-melekat-di-diri-kita

tentang-surat-kaleng-dan-email-berantai

7-kali-menunaikan-haji-tidak-melihat

ketika-ilmu-pengetahuan-menemukan-tanda-kiamat

5-cara-menghadapi-masalah-anda

15-gejala-anda-telah-diganggu-oleh-jin

gambaran-tentang-malaikat-maut

indahnya-matematika

tanya-jawab-tentang-jilbab

rahasia-hidung

apakah-yang-dinamakan-takdir

hal-hal-yang-dapat-melunak-khan-hati

istri-baik-adalah-isteri

chating-dengan-tuhan

berkeluh-kesah-tentang-jahatnya-dunia

hati-hati-dan-waspada-dalam-setiap-langkah

diantara-4-orang-istri

bulan-puasa-melatih-kesabaran-kita

hukum-truk-sampah

dimana-kujumpa-pelita-kecilku

telinga-adalah-ekspresi-pikiran-dan-perasaan

jika-hari-esok-tak-pernah-ada

tips-mengusir-setan-didalam-hati-kita

ketika-akal-dan-nafsu-berkelahi-merayu-hati

beberapa-hikmah-dari-penyesalan-yang-bisa-kau-petik

dalam-setiap-hati-manusia-ada-banyak-perkara

pernahkah-kita-menyadari-arti-kehadiran-didalam-kehidupan

antara-makna-hidup-dan-jati-diri

ketika-hidup-terasa-menyakitkan

sebuah-penelitian-tentang-emosi-kemarahan-dan-rasa-benci

dengan-keikhlasan-hidup-ini-menjadi-mudah-indah-dan-bermakna

cara-sederhana-menenangkan-hati-dan-pikiran

kapankah-anda-merasa-cukup

sebuah-cinderamata-hati-yang-kau-lukai

nurani-putih-yang-tergores

antara-hukum-sihir-dan-perdukunan

tentang-gambaran-penghuni-neraka

benarkah-kiamat-akan-terjadi-tahun-2012

jangan-stress-dong-aahh

test123

ini-bukan-sekedar-tentang-uang

postingan-ulang-yang-udah-rapi

stop-dreaming-start-action-dengan

darimana-kah-asalnya-api

stop-dreaming-start-action

arti-sebuah-kesetiaan-dalam-menjalani-sebuah-hubungan

menghadapi-penyakit-yang-menghalangi-langkah-anda

tehnik-menghadapi-kritik-orang-lain

apakah-anda-sudah-menjadi-seseorang

mulailah-darimana-anda-berpijak

mindset-and-system

lakukan-dan-lakukan-saja

hidup-adalah-tentang-belajar

melihat-masa-depan-dengan-kecepatan-cahaya

tahukah-andabagaimana-rasanya-ketika-roh-dicabut

tentang-flu-babi

3-unsur-dalam-sebuah-cinta

8-daerah-didalam-alam-jiwa-manusia

penderitaan-itu-bukan-akhir-dari-segalanya

cara-mengatasi-hati-yang-sedang-gelisah



rahasia-kesaktian-orang-orang-tempo-dulu

seorang-profesor-dari-sebuah

yaa-permennya-lupa-dimakan

begitu-banyak-peristiwa-yang-terjadi

jangan-pernah-berkata-selamat-tinggal

pesan-orang-tua-renta

hanya-satu-kata

penasaran

kisah-nyata-pacaran-dgn-hantu

pesan-terakhir-sebelum-bunuh-diri










1 comment:

ahmad wahyudin said...

Infonya sangat bermanfaat sekali mas semoga sukses slalu. Kami kru omah jowo ( pusat belanja rumah jawa terbesar di yogyakarta ) mengapresiasi dan mendukung. Bagus sekali artikel2nya.
Supported by:
rumah limasan
rumah joglo
rumah kampung
rumah jawa
jual rumah limasan
jual rumah joglo